Semangat, Via!

9:17 PM Unknown 0 Comments

Via, Allah menganugerahkanmu pengetahuan tentang ilmu jiwa, tiada lain karena Ia ingin kamu memiliki jiwa yang kuat. Tak cukuplah kau mengatahuinya saja tanpa kau manfaatkan pengetahuan itu untuk dirimu sendiri, sebelum kau mengabarkannya pada orang lain.

Allah tidak akan menetapkan suatu perkara tanpa manusia dapat mengambil ibrah dari padanya. Ingatkah Via, saat kau tersentak dengan kelulusanmu dalam seleksi SNMPTN tanpa kau mempersiapkan itu semua? Tanpa kau benar-benar berminat untuk melanjutkan studimu di jurusan ini. Mengapa Allah memilihmu dari sekian ratus peserta tes yang lain?

Tiada lain Ia ingin kamu kuat. Allah tahu kau harus menjalani semua ini dengan bekal jiwa yang kuat. Dengan psychological strength yang memadai. Lalu setelahnya, giliran jiwa-jiwa lain yang kan kau kuatkan.

Bagaimana kau bisa menjalankan amanah Allah ini jika jiwamu masih rapuh seperti ini?

Ayolah Via, kamu tahu benar bagaimana caranya kau bangkit. Lima semester kamu mempelajarinya! Lihat, matamu sudah mau bekerja sama, ia bisa menahan tetesan air yang sebenarnya ingin mengalir sejak lama. Bibirmupun –meski kaku- setidaknya mampu berusaha untuk melengkungkan setiap sudutnya ke atas, membentuk sebuah senyuman. Egomu yang begitu liar, kini mulai bisa mengalah, menahan rasa sakit, gengsi, malu, amarah, untuk sebuah kemaslahatan yang kan bermakna bagi lebih banyak jiwa. Bukan jiwamu saja. Sekarang, bujuk semangatpun untuk segera kembali, yakinkan ia bahwa Allah selalu ada di sini, mengusir setiap ragu akan ketentuan-Nya yang maha indah…

Dan minta hatimu tuk hentikan resah yang tidak memberimu dampak positif. Katakan agar ia kembali bahagia.

Duh, hati… bagaimana caraku merayumu sedangkan fitrahmu tak terkemdali…


Vi, berusahalah untuk tidak meminta orang lain memahamimu. Mereka tidak memiliki keharusan untuk bersikap empati, mendengarkan, bijak, sabar, humanis, ikhlas, respect, peduli, ramah…

Kamulah yang harus mengaplikasikan itu semua. Sekali lagi, Allah memilihmu untuk mengemban peran ini, sebagai seseorang yang kan selalu peduli, mengerti, dan men-tawar-kan perasaanmu, demi kebaikan orang lain. Karena goal gettingnya adalah kemaslahatan bersama. Percayalah, janji Allah selalu tunai.

Semangat, Via!

Setiap kebenaran ada pada-Nya, mohon petunjuk-Nya.

0 comments: